Pengalaman Donor Plasma Konvalesen – bagi Survivor Covid-19

Beberapa hari yang lalu, gw melihat sebuah postingan story seorang teman yang membutuhkan donor darah dari survivor covid-19. Kebetulan golongan darahnya sama dgn golongan darah gw. Gw pun mengontak nomor yang tertera di pengumuman itu. Namun jawabannya mengejutkan gw. Beliau mengirim gambar belasungkawa yang mengabarkan bahwa pasien tersebut sudah meninggal dunia. Innalillahi wainnaillaihi raji’un. Kaget dan sedih karena apa yang ingin gw lakukan ternyata sudah terlambat.

Gw adalah salah satu orang beruntung yang masih diberikan kesehatan oleh Allah subhanahu wa ta’ala setelah terinfeksi Covid-19. Ya, gw adalah survivor covid dengan gejala ringan. Kalian bisa membaca kisah gw di sini. Gw dinyatakan negatif setelah melakukan karantina selama 6 minggu, dan saat ini alhamdulillah sudah beraktifitas seperti biasa.

Singkat cerita gw mulai browsing tentang survivor covid-19 yang mendonorkan darah untuk membantu pasien covid-19 lainnya. Gw pun menemukan artikel bahwa plasma konvalesen survivor, (baik covid ataupun virus lain yang belum terdapat vaksin), dapat membantu kesembuhan pasien lain yang bergelaja berat. Karena dalam plasma konvalesen tersebut mengandung antibodi yang bisa membantu meningkatkan antibodi pasien berat.

Beberapa syarat agar bisa menjadi pendonor plasma konvalesen adalah:

  1. Pernah dinyatakan positif Covid-19 dan telah negatif (dengan memberikan bukti hasil swab positif dan negatif)
  2. Maksimal 3 bulan setelah dinyatakan negatif. (karena antibodi akan semakin berkurang setelah 3 bulan, jadi makin cepat donor makin baik)
  3. Selanjutnya adalah syarat donor seperti biasa, misalkan BB diatas 55kg dst.
  4. Donor ini diprioritaskan bagi laki-laki, atau untuk wanita yang belum pernah melahirkan.

Bagaimana caranya? Ini adalah cara yang gw lakukan:

  1. Hubungi WA PMI pusat 0856-8864678
  2. Tanyakan perihal donor plasma konvalesen
  3. Anda akan diminta mengisi data diri beserta bukti swab positif dan negatif
  4. Selanjutnya akan ada petugas PMI yang akan menelepon untuk mengkonfirmasi data diri, perihal pengalaman saat terinfeksi, dan melakukan penjadwalan donor beserta informasi mengenai donor konvalesen ini
  5. Datang ke PMI Pusat sesuai waktu yang telah dijadwalkan, akan lebih baik jika ontime dan jangan terlambat, karena keterbatasan alat yang tersedia
  6. Petugas akan mengambil sample darah untuk pengecekan, dan pendonor dapat mengisi kuesioner yang dibutuhkan
  7. Apabila hasilnya memenuhi kriteria, donor plasma akan dilakukan, proses pengambilan plasma kurang lebih 45 menit
  8. Tidak seperti donor darah pada umumnya, donor plasma dapat dilakukan lagi setelah 14 hari

Ruangan dan para petugas di PMI Pusat sangat nyaman. Proses pengambilan darahpun berjalan cepat dan lancar. Karena jadwal yang sudah ditentukan, kita tidak akan lama mengantri untuk diambil darahnya. Pengambilan darah mengunakan alat khusus, seperti alat untuk cuci darah. Pendonor hanya akan diambil plasma darahnya saja, sedangkan darah merah akan kembali ke tubuh setelah proses pemisahan dengan alat tersebut. Apabila pembuluh darah pendonor terlalu kecil, maka akan diambil darah seperti biasa dan memisahkan plasma secara manual.

Covid-19 hanya bisa dikalahkan apabila kita berjuang bersama. Gw memanggil para survivor Covid-19 untuk bersama membantu mereka yang sedang berjuang. Dan bagi kalian yang di sekitarnya ada yang sedang berjuang, bantu mereka dengan kemampuanmu, siapa tahu nantinya dia akan membantumu di kemudian hari..

Tinggalkan komentar